Suka Makan Buah? Pahami Arti Kode pada Label Buah Berikut! – Xen Micro

Jika Anda sering berbelanja buah di supermarket, Anda pasti familiar dengan label buah pada buah impor. Buah impor memiliki label dengan kode yang berbeda-beda. Tahukah Anda bahwa masing-masing kode memiliki arti? Pahami masing-masing arti kode supaya Anda tidak salah mengkonsumsi buah yang Anda inginkan. Jika Anda memiliki bisnis menjual buah atau sayuran impor, Anda bisa menggunakan jasa percetakan label untuk memberikan label.

Kode Label Buah

Kode yang tertera pada buah adalah kode Price-Look Up (PLU). Pihak yang mengeluarkan panduan pengunaan PLU adalah International Federation for Produce Standards (IFPS) serta berlaku secara global.

Kode PLU berlaku tidak hanya untuk buah melainkan juga sayuran, buah kering, nut, dan herba. Rentang angka pada kode PLU adalah 3000, 4000, 83000, dan 84000. Berikut penjelasan masing-masing kode PLU:

  1. Kode 4 Digit dan Diawali dengan Angka 3 atau 4

Buah dengan kode ini berarti penanamannya secara konvensional. Lebih tepatnya, penanamannya menggunakan teknologi modern dengan bantuan teknik agronomis. Produsen akan menggunakan pestisida serta bahan kimia lain untuk mengusir hama dan mencegah munculnya penyakit pada buah.

Supaya buah tumbuh subur, produsen terkadang juga menggunakan pupuk kimia. Maka, sebelum mengonsumsi buah ini Anda harus mencuci bersih menggunakan air mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa pestisida dan bahan kimia pada buah.

  1. Kode 5 Digit dan Diawali dengan Angka 8

Buah hasil modifikasi genetika/ genetically modified organism (GMO)  memiliki label buah dengan kode 5 digit dan dengan awalan angka 8. Buah GMO memiliki susunan gen yang berbeda dari buah non GMO, karena dalam pembuatan buah GMO produsen atau peneliti telah mengubahnya.

Biasanya buah GMO berukuran lebih besar, lebih tahan hama, dan tidak mudah membusuk. Penanamannya secara konvensional dan menggunakan pupuk anorganik. Buah GMO yang umumnya ada di supermarket adalah pisang, melon, dan pepaya. Sampai saat ini buah GMO masih menuai pro kontra sebab sebagian masyarakat was-was akan efeknya bagi kesehatan.

  1. Kode 5 Digit Dengan Awalan Angka 9

Buah dengan kode ini bebas bahan kimia. Buah tersebut adalah buah organik sesuai standar United Statement Department of Agriculture (USDA). Produsen buah ini menggunakan pupuk alami atau pupuk kandang sehingga konsumen menyukai buah ini karena aman bagi kesehatan.

Amankah Mengkonsumsi Buah Impor Tanpa Kode PLU?

Setiap buah impor sebaiknya menggunakan kode PLU. Jika Anda menemukan buah yang tidak memiliki label buah maka buah tersebut belum tentu bebas bahan kimia. Apabila buah impor tidak berlabel kode PLU, Anda wajib mempertanyakan kualitas dan keamanannya bagi kesehatan.

Keberadaan label pada suatu produk sangat penting. Jika Anda mempunyai sebuah bisnis alangkah baiknya jika menyertakan label pada produk kemasan. Anda bisa mencetak di perusahaan pencetak label yang terpercaya dan terbaik di indonesia yaitu KDS. Jangan ragu untuk mencoba, semoga sukses!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like