4 Alasan Pentingnya Mengelola Keuangan Bagi Generasi Milenial – Xen Micro
produk Asuransi Unit Link Syariah

Siapa yang tidak ingin mandiri secara finansial? Setiap orang pasti menginginkannya, baik yang masih lajang maupun yang berkeluarga. Untuk bisa mencapai kemandirian finansial dibutuhkan pengelolaan keuangan yang matang, salah satunya dengan membeli produk Asuransi Unit Link Syariah demi meningkatkan proteksi kesehatan dan finansial. Berikut 4 alasan pentingnya mengelola keuangan bagi generasi milenial.

 

1. Kebutuhan Semakin Bertambah Seiring Berjalannya Waktu

Kebanyakan milenial punya masalah serius dalam hal menabung karena lebih mengutamakan keinginan daripada kebutuhan. Alhasil, gaji bulanan lebih cepat habis untuk memenuhi gaya hidup ataupun kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Padahal, seiring bertambahnya usia, kebutuhan pun akan semakin bertambah. Seperti dilansir dari IDNTimes, kebutuhan-kebutuhan tersebut meliputi keperluan untuk menikah, membeli rumah, membeli kendaraan, untuk anak-anak, hingga asuransi kesehatan bagi keluarga. Tanpa adanya pengelolaan keuangan yang tepat, seseorang akan lebih mudah berhutang untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut.

2. Mewujudkan Tujuan Hidup

Dilansir dari Kontan, alasan pentingnya mengelola keuangan adalah untuk mewujudkan tujuan hidup. Setiap orang pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam hidupnya, bukan? Entah tujuan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, membeli mobil, membeli rumah, dan lain sebagainya. Dengan memiliki pengelolaan keuangan, tujuan hidup yang telah Anda tetapkan akan lebih mudah terwujud.

Seseorang yang mengelola keuangannya dengan baik mampu membedakan mana yang jadi prioritas dan mana yang bukan. Alih-alih menghabiskan gaji untuk memenuhi gaya hidup, mereka akan menggunakan gajinya untuk menabung agar tujuan hidupnya dapat tercapai sesegera mungkin.

3. Ada Masanya Anda Berhenti Bekerja

Tidak selamanya Anda bisa bekerja kantoran. Seiring berkembangnya zaman, ada berbagai faktor yang bisa membuat Anda diberhentikan dari tempat kerja, salah satunya tenaga manusia yang mulai digantikan perangkat digital. Selain itu, usia yang sudah tidak produktif lagi atau kesehatan yang sudah menurun juga jadi alasan mengapa Anda harus berhenti bekerja.

Pada kondisi semacam ini, Anda butuh uang tabungan untuk menyambung hidup maupun merintis bisnis sendiri. Setidaknya dengan adanya uang tabungan, Anda bisa terhindar dari hutang yang akan menambah beban finansial. Dengan mempersiapkan segalanya sedini mungkin, Anda akan lebih siap dalam menghadapi situasi dan kondisi tersebut.

4. Lebih Siap Menghadapi Fluktuasi

Tak hanya kebutuhan yang meningkat, harga pokok pun ikut meningkat seiring berjalannya waktu. Artinya, kebutuhan bulanan Anda pun semakin besar anggarannya. Jika tidak memiliki perencanaan keuangan yang matang, Anda bisa kelimpungan karena gaji yang tidak cukup untuk hidup sebulan. Hal ini juga memperbesar kemungkinan untuk berhutang.

Lain halnya saat Anda menerapkan pengelolaan keuangan dengan baik. Semua kebutuhan akan didaftar lebih dulu, sehingga keluar masuknya uang bisa dikontrol agar tetap stabil. Tak hanya itu, dengan pengelolaan keuangan yang benar, Anda tetap bisa menabung meski harga mengalami fluktuasi.

Itu dia poin-poin penting dari pengelolaan keuangan. Semoga informasi di atas bisa Anda pahami dan mulai terapkan satu per satu, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like